- Konsep dasar Blue Ocean Strategy adalah Value Innovation. Bagaimana kita mengalihkan diri dari persaingan di Red Ocean yang sangat kompetitive dan berdarah, menuju pada Blue Ocean yang membuat kompetisi jadi tidak relevan lagi.
- Value Innovation tidak selalu berupa inovasi teknologi, tetapi berupa inovasi untuk peningkatan keuntungan pelanggan yang disesuaikan dengan harga jual dan beaya.
- Setiap strategi selalu mempunyai resiko yang harus diperhitungkan dengan seksama. Formulasi dan eksekusi BOS haruslah dilakukan dengan tepat dan cermat.
Red Ocean Strategi Vs Blue Ocean Strategi
Red Ocean Strategy
- Bersaing pada market space yang sama
- Mengalahkan kompetitor yang sudah ada
- Ekploitasi demand yang sudah ada
- Mengikuti Value-Cost trade-off
- Aliansi sistem dan aktifitas pada differensiasi atau low cost
Blue Ocean Strategy
- Menciptakan market space yang baru
- Kompetitor sudah tidak relevan lagi
- Menciptakan dan menangkap demand baru
- Memecahkan value-cost trade- off
- Aliansi sistem dan aktifitas mengejar differensiasi baru dan lowcost
Blue Ocean Strategy Principles:
Prinsip Formulasi Strategi:
- Merubah batas market, menciptakan market space baru. (memudahkan pencarian)
- Fokus pada “big picture” (planning)
- Menjangkau diluar market demand yang ada (pengembangan)
- Strategic sequence yang benar (pembentukan business model)
- Atasi hambatan didalam organisasi
- Satukan eksekusi dalam strategi
0 komentar:
Posting Komentar